Jumat, 14 Juni 2013

Review Artist Sook-Bin Choi in 'Jang Ok-Jung Live by love'

Satu lagi peran pendukung yang perannya tak kalah penting di setiap drama tentang kehidupan 'Jang Hee-Bin' yang fenomenal akhirnya muncul, Choi Sook-Bin. Menurut sejarah, ia adalah Selir Sukjong dan juga tangan kanan Ratu Inhyeon. Tidak banyak yang tahu tentang kehidupannya sebelum menjadi Selir Sukjong. Bahkan tidak ada yang mengetahui siapa nama aslinya dan sejarahwan hanya mengetahui nama wangsanya saja, Choi, yang pada saat itu merupakan wangsa terendah dalam strata hidup masyarakat Joseon. Menurut catatan sejarahnya yang minim, Choi Sook-Bin sebelumnya adalah seorang pelayan air di istana Ratu Inhyeon yang akhirnya dekat dengan Ratu dan bahkan menjadi tangan kanan Ratu karena ketulusan dan kejujurannya. Ia menjadi Selir Sukjong saat tak sengaja doanya untuk kesehatan Ratu yang memburuk terdengar oleh Sukjong yang saat itu sedang bersedih karena tindakan bodohnya yang membuatnya begitu menyesal. Choi diangkat menjadi Selir Istana dengan gelar Suk-Ui setelah melahirkan Pangeran Yeoning (kelak Raja Yeongjo) tahun 1694 dan tak berapa lama diangkat menjadi Selir dengan pangkat lebih tinggi dan bergelar Sook-Bin dan kemudian menjadikannya memiliki peringkat yang sama dengan Lady Jang Hee-Bin, walaupun tetap belum setara karena Jang Hee-Bin merupakan ibu dari Putera Mahkota. Ia bergelar Lady Hwagyeong, Selir Suk dari klan Choi.
Di drama versi ke-9 tentang kehidupan Lady Jang Hee-Bin, artis bertubuh mungil, Han Seung-Yoon terpilih untuk memerankan Lady Choi Sook-Bin yang merupakan rival lain dari Jang Hee-Bin dalam memperebutkan pengaruh istana, terlebih setelah Pangeran Yeoning terlahir. Sosok Lady Choi sendiri digambarkan sedikit berbeda dengan para pemeran Lady Choi yang lainnya. Dan pastinya tak bisa kita lewatkan begitu saja saat menyaksikan drama ini.
Wajah Han Seung-Yoon sendiri sudah muncul sejak episode pertama walaupun perannya tak terlalu penting di episode tersebut dan lebih terkesan sebagai figuran yang hanya lewat. Namun, pada episode ke-18 (kalau tidak salah) hingga episode 20, Han Seung-Yoon mulai menunjukkan kebolehannya dalam berakting.
Lantas, karena uri Sook-Bin-Mama udah muncul, mari kita mulai berbicara tentang dirinya dan gue akan kembali membandingkannya dengan akting Lady Choi Sook-Bin yang sebelumnya, Han Hyo Jo dalam drama Dong Yi (2010).

Han Seung Yoon or Han Hyo Jo
 Han Hyo Jo as Choi Dong Yi in Dong Yi (MBC 2010)
 Han Seung Yoon as Choi in Jang Ok Jung 'Live By Love' (SBS 2013)

Beruntungnya kita, kedua aktris pemeran Lady Choi Sook-Bin ini mempunyai nama klan yang sama 'Han'. Meskipun tokoh yang mereka perankan adalah tokoh yang sama, namun masing-masing aktris ini menggambarkan si tokoh dengan berbeda. 
Dalam drama yang menceritakan tentang kehidupan Lady Choi Sook-Bin yang kental dengan alur cerita saeguk fiktif, aktris Han Hyo Jo berhasil memerankan tokoh Lady Choi Sook-Bin dengan sangat baik. Ia menggambarkan sosok Yang Mulia Selir Sook sebagai seorang wanita yang rendah hati, tulus, jujur, tidak memiliki rasa ambisius yang tinggi dalam memperebutkan pengaruh istana walaupun ia sudah memiliki peringkat yang setara dengan Lady Jang Hee-Bin dan bahkan melahirkan seorang Pangeran yang sesungguhnya bisa ia manfaatkan untuk menyingkirkan Putera Mahkota Yi Yoon (Putera pertama Selir Jang) dan bahkan telah mendapatkan perhatian Sukjong. Han Hyo Jo mempertahankan sikap kerendahhatian Lady Choi Sook-Bin hingga akhir cerita drama ini.


Han Hyo Jo as Choi Sook-Bin in Dong Yi (MBC 2010)

Sementara, aktris Han Seung Yoon menggambarkan sosok Lady Choi dengan sedikit berbeda. Seung Yoon menggambarkan Lady Choi sebagai seorang yang sedikit kurang sopan dikarenakan dirinya adalah seorang budak yang biasa bersikap kasar dan kurang sopan, walaupun kita belum bisa menilai aktingnya secara keseluruhan dikarenakan dirinya yang belum diangkat menjadi Selir. Pada pertemuan pertamanya dengan Sukjong, Lady Choi yang diperankan oleh Han Seung Yoon menggambarkan sedikit keambisiusan dimatanya dalam hal cinta dan menarik perhatian Raja tampan itu. Dari keseluruhan aktingnya, Han Seung Yoon sudah cukup baik memerankan tokoh yang terkenal karena merupakan ibu dari Raja Yeongjo. Dan karena drama yang ia bintangi bukanlah drama yang menceritakan keseluruhan tentang dirinya, Lady Choi Sook-Bin disini lebih terkesan sebagai peran pelengkap untuk menambah tingkat klimaks alur cerita drama ini. Lady Choi Sook-Bin disini sendiri digambarkan sebagai salah satu rival Lady Jang Hee-Bin yang lain dan bahkan merupakan salah satu akar kecemburuan Lady Jang disaat ia dipanggil Raja memasuki kamarnya. Jadi kesannya, Han Seung Yoon berperan sebagai orang ketiga yang cukup mengancam posisi Lady Jang dalam hati Sukjong setelah sebelumnya Lady Jang menyingkirkan orang ketiga yang tak begitu menyulitkannya, Ratu Inhyeon yang sama sekali tak mendapat tempat di hati Sukjong. 


Han Seung Yoon as Choi Sook-Bin in Jang Ok Jung 'Live By Love' (SBS 2013)

Kesamaan :
Kesamaan yang menonjol dari akting kedua pemeran Lady Choi Sook-Bin ini adalah dimana keduanya pernah bertemu dan mengagumi Lady Jang Hee-Bin tanpa sadar akan takdirnya di kemudian hari. Lady Choi Sook-Bin yang diperankan Han Hyo Jo pertama kali bertemu dengan Lady Jang yang saat itu masih merupakan Selir dengan peringkat Suk-Won dengan maksud untuk mencari tahu siapa pelayan istana yang pernah ia temui saat masih kecil dan berkata ingin menjadi seperti Lady Jang di kemudian hari karena terkesan dengan keanggunan dan kemurahan hatinya.
Sementara, Lady Choi Sook-Bin yang diperankan oleh Han Seung Yoon pertama kali bertemu dengan Lady Jang Hee-Bin yang saat itu masih merupakan penjahit biasa dan belum bahkan belum bertemu dengan Sukjong saat menemani Ratu Inhyeon yang saat itu masih mengikuti proses seleksi pemilihan Puteri Mahkota memilih busana terindah untuk dikenakannya dalam proses pemilihan. Lalu, mencuri salah satu perhiasan hanbok yang dijual oleh Lady Jang. Ia juga mengatakan bahwa akan menjadi seperti Lady Jang di kemudian hari karena terkesan dengan keanggunan dan kemurahan hatinya. 
Kesamaan lainnya adalah bahwa kedua aktris yang memerankan tokoh Lady Choi Sook-Bin ini merupakan tangan kanan Ratu Inhyeon yang dipercaya untuk membantu Ratu memantau keadaan dalam istana dan memata-matai Lady Jang yang sudah menjadi Ratu. 
Kesamaan lainnya ialah kedua aktris ini kemudian menggambarkan Lady Choi Sook-Bin yang pernah terkesan dengan keanggunan dan kemurahan hati Lady Jang di masa lalu kemudian menjadi batu sandungan untuk Lady Jang dan bahkan benar-benar menjadi bersinar di kemudian hari dengan peringkat yang setara dengan Lady Jang Hee-Bin, Lady Choi Sook-Bin, ibu dari Raja masa depan, Raja Yeongjo. 
 
-Giovani Trixie S.-



3 komentar:

  1. keren!! suka bgt meski singkat

    BalasHapus
  2. sangat informatif, buat aku yg baru nonton drama dong Yi, dan lg cari reverensi buat nonton drama penyeimbang

    BalasHapus
  3. Benar tapi pengambaran sikap dan sifat selir choi suk bin di jang ok jung terlalu jauh dan terkesan terlalu melenceng sejarah. Soqlnya aku udah nonton 4 drama saeguk mengenaik oenggmabran selir choi rata2 mirip seperti yg di dong yi buat referensi bagus itu ada choe suk bin (1995) koreksi kalau salah, dan jang hui bin tahun 2002 dan aku lupa satu drama yg menceritakan kisah ratu inhyeon itu di tahun 2000 juga. Penggambaran rata2 karakter itu ratu inhyeon dari dlu terkenal baik, selir choi itu baik dan polos, dan selir hui kesayangan raja sebelum digantikan selir choi itu sifatnya baik tapi karna kekuasaan berubah jadi tamak.

    BalasHapus