Selasa, 04 Juni 2013

Review artist "Jang Ok Jung" live by love

Gue lagi tergila-gila dengan drama saeguk Korea produksi SBS terbaru, Jang Ok Jung 'Live by Love" yang menceritakan tentang kehidupan 'Jang Hee-Bin' salah satu selir Raja Sukjong, Raja ke-19 dinasti Joseon, Korea, yang terkenal karena kecantikan dan keanggunan, serta keserakahannya terhadap kekuasan. Dan di dramanya kali ini, aktris cantik Kim Tae Hee menyanggupi untuk memerankan tokoh wanita terkenal sepanjang sejarah Selir Raja-raja Joseon dan ia merupakan aktris ke-9 yang akan dituntut untuk menggambarkan sosok Jang Hee-Bin ini. 
Gue udah berhasil dapetin dvd bajakannya, ya, bajakan, dan udah nonton sampe episode ke-4. Sejauh gue mengikuti jalan ceritanya yang amat berbeda dari drama-drama tentang dirinya sebelumnya, gue merasa oke-oke aja dengan drama ini termasuk dengan peran Kim Tae Hee. Walaupun sebelum dapetin kaset drama ini, gue membaca banyak protes seputar jalan cerita drama ini dan sempat berkali-kali berpikir untuk menonton drama ini atau tidak. Kim Tae Hee sebagai aktris utama drama ini, sudah cukup menggambarkan tokoh Jang Hee-Bin dengan sangat baik sebagai Jang Ok Jung yang belum memulai hidupnya sebagai wanita milik Raja Sukjong. Banyak pula yang mengatakan Kim Tae Hee terlalu lembut untuk memerankan tokoh Jang Hee-Bin. Ada pula yang mengatakan bahwa drama ini akan memiliki akhir cerita tidak seperti yang kita semua harapkan. Ya, banyak sekali komentar tentang drama besutan SBS ini. 
Ok, gue juga disini pengen ikut-ikutan komentar. Ini tentang para aktris yang memerankan tokoh-tokoh sejarah Korea yang namanya sudah tidak asing lagi. Gue mulai dari aktris utamanya sendiri, Kim Tae Hee sebagai Jang Hee-Bin.

Kim Tae Hee v.s Lee Soo Yeon
Sesungguhnya gue masih terlalu terpukau dengan Jang Hee-Bin-nya drama Dong Yi yang diperankan oleh aktris Lee Soo Yeon. Dan menganggap dia sebagai pemeran Jang Hee-Bin terbaik karena dengan sukses menggambarkan kecantikan, keanggunan, kelicikan dan keserakahan dengan aktingnya yang luar biasa sempurna. Ya, gue akan mulai membandingkannya dengan Jang Hee-Bin kita yang sekarang, Kim Tae Hee. Dari segi wajah, Kim Tae Hee dikatakan sempurna untuk dapat memerankan seorang tokoh bermuka dua, layaknya Jang Hee-Bin. Dia dapat dikatakan bisa mengalahkan kesempurnaan Lee Soo Yeon yang lebih matang memerankan tokoh Jang Hee-Bin terlebih dahulu. Kim Tae Hee memiliki garis wajah yang hampir sama dengan Lee Soo Yeon jika kita tak sungguh-sungguh memperhatikan perbedaannya dengan Lee Soo Yeon saat mengenakan hanbok cantik dan berlenggang layaknya Jang Hee-Bin yang anggun. Kim Tae Hee memiliki tatapan yang lebih tajam dibandingkan tatapan dari Lee Soo Yeon yang terlihat lebih hangat. Selain itu, Kim Tae-Hee juga mampu bermetamorfosis menjadi seorang artis antagonis dalam episode ke-11 dari drama ini, dimana ia mulai menunjukkan jati dirinya sebagai Jang Hee-Bin yang sesungguhnya seperti yang tertulis dalam sejarah dan drama tentang kehidupannya selama ini, berbeda dengan Lee Soo Yeon yang menunjukkan jati diri Jang Hee-Bin yang sesungguhnya setelah ia diangkat menjadi selir dengan pangkat tertinggi di istana dan Raja Sukjong yang terang-terangan menyayanginya. Sisi keanggunan Jang Hee-Bin sebagai seorang wanita istana juga berhasil digambarkan oleh kedua aktris ini, walaupun belum mendekati akhir dari cerita, namun Kim Tae Hee sudah memerankan tokoh ini dengan sempurna dan perlahan-lahan mulai menggeser Lee Soo Yeon yang hingga sekarang masih sering dibandingkan dengan aktingnya.


Lee Soo Yeon as Jang Hee-Bin in Dong Yi (MBC)

 
Kim Tae Hee as Jang Hee-Bin (SBS)

Yoo Ahn In or Ji Jin Hee
Jika kita menilai seorang pemeran utama dari sebuah drama atau film, tentu kita juga harus menilai tokoh utama lainnya yang memiliki ikatan kuat dan mempengaruhi sang tokoh utama. Disini gue akan menilai si tokoh Raja Sukjong yang merupakan pria yang amat mencintai Jang Ok Jung dengan sepenuh hatinya. Gue kembali membandingkan dengan drama Dong Yi yang bertema sama dengan drama ini. 
 Ji Jin Hee as King Sukjong in Dong Yi (MBC)
Yoo Ahn In as King Sukjong in Jang Ok Jung Live by Love (SBS)
Yoo Ahn In yang namanya mencuat semenjak peran seksinya di drama Sungkyunkwan Scandal (SBS) tahun 2011 cukup menarik perhatian banyak orang saat menyetujui untuk berperan sebagai Raja Sukjong di drama Jang Ok Jung Live by Love tahun ini. Sementara di drama Dong Yi (MBC), tokoh Sukjong diperankan oleh aktor senior tampan yang namanya mencuat berkat drama Dae Jang Geum (KBS) yang fenomenal, Ji Jin Hee. Dari segi wibawa, kedua aktor ini berhasil menggambarkan sosok Raja Sukjong sebagai penguasa Joseon pada masanya. Namun ada perbedaan kontras dari tokoh Sukjong yang digambarkan oleh kedua aktor ini. Ji Jin Hee menggambarkan Sukjong sebagai seorang Raja dengan otoritas yang kuat, cerdas, adil dan bijak dalam politik, pemerintahan, maupun dalam keluarganya. Sementara Yoo Ahn In menggambarkan sosok Sukjong yang keras kepala, egois, angkuh, namun cerdas dan gagah perkasa. Dari segi chemistry antara Sukjong dan Jang Hee-Bin, Ji Jin Hee kurang menunjukkan chemistry yang kuat dengan Lee Soo Yeon, mungkin dikarenakan fokus utama drama Dong Yi adalah salah satu selir Sukjong yang lain, Choi Sook-Bin yang diperankan oleh aktris Han Hyo Jo. Sementara Yoo Ahn In berhasil membangun chemistry yang luar biasa dengan Kim Tae Hee dan membuat banyak penikmat drama ini justru mengubah pandangan mereka tentang poligami yang dilakukan oleh para penguasa Joseon. 

Hong Soo Hyun or Park Ha Sun
Jangan melupakan pemeran lainnya yang tak kalah pengaruhnya untuk meningkatkan ketegangan dalam semua drama tentang Jang Hee-Bin. Ya, Ratu Inhyeon yang merupakan rival Jang Hee-Bin sejak awal. Terkenal sebagai Ratu terbaik sepanjang sejarah Joseon dan keanggunannya sering digambarkan di banyak drama sejarah Korea. Kembali, gue akan membandingkannya dengan drama Dong Yi (MBC).
Park Ha Sun as Queen Inhyeon in Dong Yi (MBC)
Hong Soo Hyun as Queen Inhyeon in Jang Ok Jung Live by Love (SBS)
Awalnya gue agak kaget waktu dengar aktris Hong Soo Hyun yang namanya mencuat berkat perannya sebagai Puteri Gyeong Hee dalam drama The Princess Man mengambil peran sebagai Ratu Inhyeon, mengingat dirinya yang selama ini terkenal berkat keberhasilannya memerankan tokoh-tokoh antagonis. Gue sempat sedih karena aktris berwajah jutek ini akan merusak pamor Ratu Inhyeon yang begitu baik, seperti yang digambarkan oleh aktris-aktris pemeran Ratu Inhyeon sebelumnya, aktris Park Ha Sun misalnya yang sukses menggambarkan tokoh Ratu Inhyeon dengan begitu anggun dan mempunyai hati yang begitu baik. Namun, gue salah saat mulai menonton drama Jang Ok Jung Live by Love ini. Memang ada perbedaan yang kontras antara Ratu Inhyeon-nya Hong Soo Hyun dengan Park Ha Sun, namun ternyata pamor sang Ratu sebagai Ratu terbaik sepanjang sejarah Joseon tetap dipertahankan. Aktris Park Ha Sun membawa kita ke dunia Ratu Inhyeon yang amat menyedihkan, dimana ia tidak terlalu diperhatikan oleh suaminya, Raja Sukjong, semenjak pertama kali memasuki istana sebagai Ratu yang baru setelah isteri pertama Sukjong, Ratu Ingyeong meninggal dunia. Terlebih kemudian mahkotanya dicabut dan ia digulingkan dari posisinya sebagai seorang Ratu sebagai korban dari pertengkaran fraksi yang membuat Sukjong gegabah mengambil keputusan dan mendudukkan Jang Hee-Bin sebagai Ratu yang baru. Park Ha Sun juga berhasil membuat jantung para penonton drama Dong Yi begitu pedih saat perdebatannya dengan Jang Hee-Bin yang selalu berupaya mengambil alih mahkotanya. Sementara Hong Soo Hyun membawa penggambaran baru tentang Ratu Inhyeon, dimana ia menggambarkan adanya sedikit ambisi dalam diri sang Ratu untuk menduduki tahta Ratu saat proses pemilihan Puteri Mahkota. Hong Soo Hyun juga menunjukkan sisi kecemburuan sang Ratu terhadap cinta Sukjong dan Jang Hee-Bin yang begitu romantis. Ia juga berhasil membawa sosok Inhyeon menjadi lebih berani saat diperolok oleh Jang Hee-Bin yang berniat merebut mahkotanya. Hong Soo Hyun menggambarkan sosok Ratu yang begitu tegar, tegas dan berusaha bersikap bijaksana, walaupun harus melawan Jang Hee-Bin yang selalu memenangkan hati Sukjong sejak awal.
 
 
-Giovani Trixie S.- 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar